Mengubah Kelinci Menjadi Rupiah

Bingung mencari hobi yang bisa menghasilkan uang? Jika Anda penyuka makhluk berbulu pemakan wortel, artikel ini akan menjadi jawabannya.

Hobi Jalan, Uang Pun Mengalir

Memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan mungkin sedikit terasa merepotkan karena layaknya membesarkan seorang anak, kita perlu secara rutin memberinya makan, membersihkan kotoran dan memberinya vaksin dan lain sebagainya. Namun Anda tidak akan terlalu merasa berat jika kegiatan ini akan membawakan rupiah bagi kantong Anda. Sambil menjalankan hobi Anda dengan memelihara kelinci, Anda dapat beternak dan menjualnya. Berikut adalah tahap-tahap mudah beternak kelinci:

  1. Mencari Indukan

Beternak kelinci merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, pasalnya kelinci merupakan spesies yang mudah berkembang biak. Yang pertama kali harus Anda lakukan sebelum beternak kelinci yaitu memilih indukan yang bagus baik yang betina maupun yang jantan. Carilah kelinci yang sudah berusia 7 bulan atau lebih karena di usia tersebut kelinci mulai siap untuk dikawinkan. Bobot indukan ideal untuk varietas lokal yaitu antara 4,5 kg – 6 kg.

  1. Mengawinkan Indukan

Perhatikan kesehatan organ reproduksinya juga sebelum membeli indukan. Perhatikan apakah ada cacat atau luka pada organnya. Selain itu pastikan juga kelinci dalam kondisi sehat dan aktif. Setelah mendapatkan indukan dengan jenis yang diinginkan, masukkan kedua kelinci indukan, jantan dan betina dalam kandang perjodohan dengan suhu sekitar 150C -200C. Suhu harus benar-benar dijaga karena hal ini dapat mempengaruhi produktivitas sperma.

  1. Memberi Pakan

Berikanlah pakan kelinci secara teratur tiga kali sehari dengan pakan alami yaitu kol, sawi, biji-bijian atau daun kacang. Selalu sediakan air di dalam kandang agar kelinci terhidrasi dengan baik. Masa kehamilan kelinci berlangsung selama 30-32 hari. Rajin-rajinlah mengecek apakah kelinci sudah hamil atau belum dengan meraba-raba bagian perutnya. Dengan demikian Anda dapat memprediksi kelahirannya. Pindahkan induk kelinci 5 hari sebelum melahirkan ke kandang khusus, biasanya ia akan melahirkan di malam hari.

  1. Merawat Anak Kelinci

Seekor induk kelinci dapat melahirkan 6 hingga 12 ekor anak kelinci. Perhatikanlah anak-anak kelinci tersebut. Jika ada yang mati, sebaiknya segera dikubur. Jika ada yang cacat sebaiknya dipisahkan dengan yang lain. Apabila indukan tidak mampu menyusui dikarenakan anak yang terlalu banyak, sebaiknya Anda menitipkan beberapa anak ke induk lain untuk disusukan. Setelah itu perawatan dilakukan seperti biasa dan Anda bisa mulai menjual kelinci Anda setelah mereka berusia 3 bulan. Anda dapat mengetahui lebih banyak mengenai kelinci dengan masuk ke situs kelincipedia.com.