Pemanfaatan Secara Maksimal Pekarangan Rumah Untuk Bertanam

Harga kebutuhan sehari-hari yang semakin meroket saat ini membuat kita harus memutar otak untuk dapat menghemat pengeluaran. Bahkan harga kebutuhan dapur semakin hari kian mahal harganya, terutama cabai rawit yang sudah melebihi harga daging ayam. Untuk mengurangi pengeluaran yang membengkak, kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam. Bagi masyarakat desa, masih banyak yang memiliki pekarangan luas. Berbeda dengan masyarakat perkotaan yang cenderung memiliki pekarangan sempit.

Pemanfaatan Pekarangan Sempit Untuk Bercocok Tanam

Memiliki pekarangan sempit bukan berarti tidak bisa kita manfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman. Ada banyak media yang dapat kita gunakan saat ini untuk bercocok tanam mulai dari botol bekas, polybag, hingga pipa bekas di pekarangan yang sempit. Dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah yang sempit ini, kita bisa mengurangi pengeluaran biaya untuk membeli kebutuhan dapur. Berikut ini beberapa tanaman yang bisa kita tanam di pekarangan rumah.

  1. Sayuran

Selada, tomat, wortel, seledri, daun bawang dan jenis sayuran lainnya dapat kita tanam di pekarangan rumah. Sisa lahan di sekitar rumah akan sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan secara maksimal. Dengan menggunakan polybag, pipa bekas atau botol bekas, berbagai jenis sayuran dapat kita tanam di sana. Terlebih saat ini ada banyak sejali benih sayuran di toko yang siap tanam. Dengan demikian, kia bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli sayuran.

  1. Bumbu dapur

Harga cabai yang sangat mahal saat ini dapat kita siasati dengan menanam cabai sendiri di sekitar pekarangan rumah. Cabai termasuk salah satu tanaman yang mudah tumbuh asalkan di siram dengan rajin dan diberi pupuk yang cukup. Selain cabai, bumbu dapur lainnya seperti barang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, daun sereh dan bumbu dapur lainnya juga dapat kita tanam sendiri di rumah.

  1. Tanaman hias

Memiliki halaman rumah yang rapi dan penuh tanaman hias tentu akan membuat rumah kita semakin cantik dan indah. Jika tidak ada lagi sisa lahan di halaman rumah, kita bisa menggunakan polybag atau pot bunga untuk menanam tanaman hias dan meletakkannya di teras rumah. Bunga mawar, anggrek, dan bunga lainnya tentu akan mempercantik halaman rumah kita.