Berbagai Manfaat Mengonsumsi Green Tea

green-tea

Teh Hijau atau Green Tea banyak dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Teh yang berasal dari tumbuhan Camellia sinensis ini sudah dikenal ribuan tahun lalu sebagai minuman yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat yang didapatkan dengan meminum Green Tea? Berikut beberapa macam khasiatnya.

Manfaat Mengonsumsi Green Tea Bagi Kesehatan

  • Menjaga Mulut Tetap Sehat

Green Tea dapat menjaga kebersihan mulut dengan adanya antioksidan catechin yang ada di dalamnya sehingga dapat menghentikan bakteri penyebab masalah pada gigi dan gusi. Di samping itu, Green Tea juga dapat menghilangkan bau mulut.

  • Sebagai Relaksasi

Green Tea memiliki kandungan theanin yang bermanfaat sebagai penenang. Namun jangan menyeduh teh ini dalam air mendidih karena kandungan cathecin dapat rusak pada suhu tinggi. Suhu yang cocok berada pada 70-75 Celsius saat menyeduh teh. Cathecin juga bisa diserap tubuh secara optimal jika dibantu dengan vitamin C. Karena itu, lemon sangat cocok ditambahkan saat menikmati Green Tea.

  • Menjaga Kulit

Green Tea memiliki kandungan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang ternyata dapat memperkecil risiko atau dapat menyembuhkan penyakit kanker kulit.

  • Baik Untuk Jantung

Dengan mengonsumsi Green Tea, pembuluh darah akan lebih sehat sehingga dapat membantu kinerja jantung. Selain itu, Green Tea juga mampu menurunkan kolesterol dalam darah.

  • Baik Untuk Persendian

Kandungan EGCG yang ada dalam Green Tea juga dapat mencegah rematik. EGCG bermanfaat untuk menghentikan sistem imun yang menghasilkan molekul penyebab rematik. Karena itu, mengonsumsi Green Tea sanga bagus karena dapat membantu mencegah kerusakan sendi dan meringankan inflamasi.

  • Menjaga Mata

Jaringan mata juga dapat menyerap antioksidan dimana EGCG dalam Green Tea dapat masuk ke jaringan penglihatan. Hal tersebut sangat membantu dalam memberikan perlindungan dari gangguan penglihatan semacam glaukoma.

  • Baik Bagi Para Lansia

EGCG juga sangat bermanfaat bagi penderita Dimensia. Senyawa tersebut dipercaya dapat mencegah menimbunnya plak yang dapat mengganggu otak pada penderita Dimensia. Selain itu, kandungan dalam Green Tea juga mampu meningkatkan aktivitas kognitif pada otak.

  • Membantu Tidur

Antioksidan yang terkandung dalam Green Tea bisa membantu mereka yang terkena obstructive sleep apnea (OSA). OSA merupakan sebuah kondisi dimana terjadi gangguan pernapasan saat tidur. Hal tersebut menyebabkan terganggunya aliran oksigen menuju otak. Jika tidak ditangani, kondisi tersebut bisa berpengaruh pada proses memori dan pembelajaran. Senyawa catechin pada Green Tea ternyata dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi kondisi tersebut.

Melihat dari manfaat di atas, sudah dapat dipastikan bahwa mengonsumsi Green Tea dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berbagai kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu untuk melawan berbagai macam penyakit dan khasiat lain yang positif.